Tuesday, July 2, 2013

MLM bagaimana menurutmu ?

Q. aku baru gabung di MLM adakah yg bisa memberikan saran agar bisa sukses dibisnis ini. trims ya atas masukannya.

A. Hallo Sis, menurut aku sih, MLM itu gak beda sama bisnis konvensional, tetap membutuhkan kerja keras dan kreativitas, untuk bisa sukses, itu prinsip, juga butuh modal yang bukan cuma sekedar biaya join
jangan pernah terlena dengan janji-janji up-line yang mungkin sangat muluk-muluk

bisnis mlm tu bagus nggak?
Q. bisnis mlm tu gimana ya??
cuma bohong aja apa nggak??

A. Ahahaha... iya tuh, si Ririn salah tangkep, dia kira BISNIS MALAM ya???! Maksudnya bisnis MLM Rin (Multi Level Marketing), seperti yang dijelasin Darmin.

Menurut saya. Semua bisnis bagus. Termasuk MLM. Namun, di dunia ini ga ada yang sempurna, termasuk bisnis. Termasuk bisnis MLM.

Cuman sayangnya, dengan kondisi pasar (masyarakat Indonesia) yang sudah "ilfil" / "malas" dengan MLM, jadi sulit u/ berkembang. Mungkin dulu2, saat MLM booming, masih mudh mengembangkan bisnis ini. Tapi u/ sekarang2, jadi ada tantangan tambahan ya, yaitu sikap masyarakat Indonesia yang sudah memiliki pandangan miring terhadap bisnis MLM.

Karena memang, MLM membutuhkan waktu yang NGGA PENDEK untuk mencapai kesuksesannya. Prosesnya kan ada bikin janji, presentasi, meeting ini meeting itu. Nah.... kayanya masyarakat Indonesia TIDAK SIAP DENGAN PROSES YANG BEGITU PANJANG. Kayanya memang maysarakat Indonesia lebih suka yang praktis, instan. Heheheeee...

Ya memang menurut saya ada sih kesalahan2 pelaku2 MLM. Kaya misalnya TERLALU FOKUS PADA MEMBERI IMING2 BONUS PADA PARA PROSPEKNYA. Udh gitu kan bonusnya ngga ada yang ngga enak. Terus kesannya, u/ mencapai itu mudah, padahal ngga. Ya memang semua bisnis ngga mudah kan???! Butuh perjuangan. Tapi menurut saya sebagian besar para pelaku MLM seperti itu. Trus, seringkali mengeluarkan statement2 yang MENYALAHKAN orang lain yang tidak menjalankan bisnis MLM, apalagi tidak mau menjalankan bisnis MLM seperti dia. Kan hak orang mau ikutan MLM atau ngga??! Kan hak orang mau memilih bisnis apa, kerja apa untuk penghidupannya???! Ya kan??! Namu bagaimanapun juga, mari tanggapi semuanya dengan BIJAK. Tidak ada yang sempurna di dunia ini. Bisnis MLM itu bagus, tergantung kita yang menjalani seperti apa. Betul??

Jadi, klo Dheo mau ngejalnin MLM sekarang2, silahkan aja kok... Bagus2 aja. Asal Dheo siap dengan sikap prospek-prospek Dheo yang mungkin nanti bakal langsung ngeremehin, langsung pergi, langsung males, bahkan mungkin langsung bete/marah2. Silahkan, Dheo berhak memilih.

mlm versus money game halal mana ................?
Q. Ada perbedaan yang sangat mendasar antara system bisnis MLM dengan money game - selanjutnya disingkat MG -, yaitu:

1. Biaya Pendaftaran Keanggotaan

MLM : Bea pendaftaran sebagai member dalam bisnis MLM kecil karena hanya untuk mengganti biaya administrasi, seperti brosur, tas, starterkit, sampel produk, dll.
MG: Pada bisnis money game, biasanya uang pendaftarannya mahal, dari Rp200.000 hingga jutaan, mereka berkedok menjual produk yang sebenarnya berkualitas rendah atau tidak sesuai dengan nilai uang yang dibayarkan, atau produk yang sulit dijual di pasaran. Melalui uang pendaftaran member, sponsor/upline mendapatkan profit secara langsung. Sehingga hal ini bisa berpotensi menimbulkan kerugian pada member yg bergabung di bawahnya (downline).

2. Produk

o Produk yang dijual di MLM:

Memiliki ijin Depkes, BPOM, atau bersertifikat luar negeri.
Mudah dijual di pasaran karena harga dan kualitas masih rasional bagi konsumen.
Usaha masih dapat berjalan meski tidak memiliki downline.
Perusahaan memberi jaminan terhadap produk yang dijual.
Perusahaan memiliki departemen khusus yang menangani Penelitian dan Pengembangan produk.
Keuntungan utama perusahaan adalah dari omzet penjualan produk, bukan dari membership.


o Sedangkan pada bisnis money game:

Produk biasanya tidak bisa atau sulit sekali dijual, bahkan pelaku sendiri enggan memakainya.
Membership lebih penting dari produk atau dengan istilah lain tujuan dari transaksi adalah komisi dan bukan produk.


3. Marketing Plan

MLM : Perusahaan MLM yang murni memiliki planning pemasaran yang jelas, darimana asal keuntungannya, level atau peringkat yang bisa dicapai, passive income, aturan main, dan kode etik bagi member. Bonus yang diperoleh adalah berdasarkan OMZET penjualan. Bisnis MLM tidak mengenal sistem binary ataupun piramid dalam marketing plan-nya, tetapi menganut win-win sistem. Profit yg diperoleh upline mendatangkan profit juga bagi downline-nya. Ada prinsip keadilan dalam bisnis, dimana downline yg lebih giat dan fokus dalam bekerja bisa memperoleh profit atau peringkat karier lebih tinggi dari upline-nya

MG : Sedangkan pada Money game, berlaku sistem binary ataupun piramid, dimana upline pasti dpt untung lbh besar. Bonus yang diperoleh adalah berasal dari Biaya Pendaftaran para membernya.


4. Surat Ijin APLI dan WFDSA.
APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dan WFDSA (World Federation of the Direct Selling Associations), merupakan organisasi yg beranggotakan perusahaan MLM Direct Selling (Penjualan langsung) murni. Dalam organisasi ini ada departemen yang menyelidiki tentang sistem bisnis MLM apakah sesuai aturan atau tidak. Kedua organisasi tersebut juga berperan dalam memberi masukan kepada pemerintah tentang konsep MLM yang sebenarnya. Perusahaan moneygame tidak tergabung dalam anggota APLI dan WFDSA

5. Pelatihan dan Support System

Perusahaan MLM memberikan pelatihan-pelatihan mengenai produk, "speciality skill" yang diperlukan untuk memasarkan produknya, leadership, marketing, pengembangan diri, dll. Perusahaan dengan dibantu oleh para upline juga menyediakan support system untuk membantu perkembangan bisnis untuk para mitranya.

Pada perusahaan money game biasanya menggunakan model pelatihan motivasi untuk 'cuci otak', memotivasi terus menerus kepada member agar terbina loyalitas dan semangat robotiknya. Seringkali member berubah menjadi tanpa perasaan, hilang sisi kemanusiaan dan rasionalitasnya.


Berdasarkan uraian di atas, Apakah cukup jelas bagi Anda? Anda bisa lihat ringkasan ciri-ciri yang terdapat pada tabel di bawah ini untuk membedakan -secara praktis-, apakah "itu" adalah money game atau bukan


Jika ada yang menawarkan "Sistem Investasi" atau "Marketing Plan" sebuah Bisnis.
Anda harus jeli membedakan mana yang Money Game yang jelas Haram,
dan mana yang MLM murni yang diperbolehkan.
Anda harus hati-hati dan jeli mengamati, dan tepat memilih.

A. Siip benar itu, karena jalan yang anda tuju tergantung jalan mana yang anda hendaki
MLM lebih jls asal usulnya daripada Money Game, meskipun banyak yang menyamakan keduanya tapi MLM dg Money Game sangat berbeda jauh.

saya sudah merasakan sendiri bagaimana jalan n kejelasan tentang MLM
saya menyarankan lebih baik MLM daripada Money Game

MLM pupuk disertai contoh nyata.?
Q. Bisnis MLM pupuk dilengkapi dengan perhitungan nyata hasil praktek dalam skala komersial. Jadi bukan konsep, tapi sudah secara nyata contohnya dan anda punya bukti rekaman videonya. Untung di bisnis MLM pupuk bukan isapan jempol belaka. Mohon jawaban tidak hanya konsep atau teori. Terima kasih. Anung 0811122045 Banten

A. bro Anung, ini maksudnya gimana ? ngajakin join MLM kah ? atau hanya sekedar show of force ajah ?

Apa MLM masih banyak dicari uang?
Q. MLM masih bagus ga sih untuk peluang bisnis tahun ini ...
Soanlnya banyak yang tidak tertarik untuk bergabung
hhehehhe

A. tergantung mlm dan product yang dijual, juga harus punya banyak teman dan koneksi, banyak yang tdk tertarik karena repot nyari down line dan harus pandai merayu. pusinggg dehhh.




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment