Friday, July 12, 2013

Minta usulan untuk bisnis boleh kah..? yang sifatnya bisa dikerjakan seorang wanita(istri saya), sifatnya UKM.

Q. ....sifatnya UKM

A. 1. Buka Warung P & D, jualan kebutuhan sehari-hari (beras, gula, kopi, teh, sabun, shampo,dsb). Didepan rumah juga bisa.
Atau buka mini market yang pake franchise
2. Buka Salon sendiri (belajar dulu) atau yang pake franchise, banyak koq.
Contoh : Johny Andrean, My Salon, dll.
3. Buka usaha pijat refleksi. Pekerjanya dicari di tempat-tempat pijat refleksi. Istri anda jadi kasir/bosnya.

Good luck.

tools dan data yang diperlukan dalam mempelajari UKM yang bersaing dgn Hypermarket misalnya?
Q. data apa saja yang dibutuhkan bila kita ingin mempelajari daya saing UKM dgn Hypermarkrt?
metodologi penelitian yang bgmn yang dapat digunakan?

A. Nyambungnya dimana nih?
Pake parameter niaga umum biasa bisa ga? Mustinya kan bisa ya.
Dari skala kapital, turnover, rate investment
Yang beda mungkin cara bangun brand image. UKM ada karena pasar. Hypermart bikin pasar (trend) lewat brand image. Konsinyasi, volume supply besar dan jasa layanan lain termasuk hostility.
Bener gak?

UKM Robotika ada nggk?
Q. UKM Robotika ada nggk?? teruuusss klau ada apakah mahasiswa dari Jurusan lain sprti kesehatan bisa gabung nggk atau cuma untk anak2 elektro aj??

A. Setahu saya belum banyak universitas yang konsern pada Robotika, walaupun sekarang perkembangannya sudah pesat. Salah satu yang sudah maju bidang Robotikanya adalah Universitas Gadjah Mada. Ada club Robotika di Universitas Gadjah Mada, markasnya di Grha Robotika, Perpustakaan Pusat Universitas Gadjah Mada Lt.2.

relevansi pemikiran bung hatta dalam mereformasi koperasi dan ukm?
Q. apa relevansi berbagai pemikiran-pemikiran yang bung hatta miliki dalam mereformasi koperasi dan ukm?

A. Pemikiran Bung Hatta sangat relevan untuk mereformasi koperasi dan UKM. Kita merujuk kepada Pasal 33 UUD 1945:

(1) Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan.

bisa kita artikan Bung Hatta mendambakan sebuah organisasi perekonomian yang bersifat kekeluargaan dimana kesejahteraan pihak-pihak terkait menjadi tujuan utamanya.

Bung Hatta berpikir menjadikan Koperasi sebagai soko guru dalam perekonomian Indonesia. Kemudian dengan adanya Koperasi dan pastinya UKM yang berkembang pesat maka perekonomian Indonesia dapat menjadi lebih maju dan stabil. Setiap Koperasi dan UKM akan menjadi ujung tombak perekonomian.

Kita lihat sekarang kondisi ekonomi Indonesia yang ditopang oleh Hutang yang besar, penanaman modal Asing dan Investasi dalam negeri yang berasaskan keuntungan besar. Setelah krisis ekonomi 1998 dan krisis global baru-baru ini, perekonomian Indonesia selalu menjadi tidak stabil. Perekonomian Indonesia saat ini setiap saat dapat runtuh bila tidak ditopang dengan pondasi ekonomi yang kuat. Sejak krisis ekonomi 1998 ekonomi Indonesia sudah mulai ditopang oleh UKM. Perkembangan UKM saat ini bisa dikatakan cukup bagus dan perlu diberdayakan sampai maksimal.

Peranan Koperasi yang mulai menghilang harus bisa disegarkan kembali. Sehingga sektor-sektor ekonomi seperti pertanian, perikanan dan peternakan dapat dimaksimalkan kembali. Dengan meningkatkan peranan Koperasi dan UKM niscaya kita dapat meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia. Dan semua ini adalah impian dan pemikiran Bung Hatta.

banyak UKM percetakan yang terancam gulung tikar?
Q. di Bontang UKM yg dilatih Dinas setempat terancam gulung tikar akibat munculnya digital Printing
Ironisnya semua dinas yg ada lebih memilih demi efisiensi tapi tdk berfikir akan banyaknya pengangguran karena usaha mereka bangkrut tanpa ada order apa solusinya?

A. Gulung tikar adalah BIASA BAGI SEORANG PENGUSAHA. Bangkrut juga biasa. ya...mesti belokin stir cari usaha baru. jangan pernah menyesal. soal pemeritah???? apa gunanya mereka buat kita? mereka kan cuma minta duit aja ke rakyat???




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment