Thursday, December 13, 2012

MLM or network marketing di mata muslim?

Q. Mlm or network marketing di mata muslim?
aslamualikum blother

mungkin bisnis sepertiini teda asing lagi
>yang saya tanyakan apa hukum dari keuntungan bisnis ini??
>saya tida lama bergabung apakah di lanjut or harus ditinggalkan (minta alasanya)?
saya ucapkan terimakasih atas saran dan pengaaman yang diberikan semoga bermanfaat

A. Waalaikumsalam Jul.....
kalo menurut saya, MLM adalah satu bentuk bisnis yang sudah pasti tujuan utamanya adalah untuk mencari uang atau satu bentuk ikhtiar untuk meningkatkan peghasilan (baca:kesejahteraan), dan itu wajib hukumnya, terutama bagi kaum pria (baca:kepala keluarga). Bisnis MLM adalah bisnis yang halalan thoyiban, asalkan bukan money game loh...
Dalam bisnis ini dibutuhkan satu niatan dan kerja keras untuk mendapatkan haknya, mempererat dan memperpanjang tali silaturahmi, tekad yang kuat untuk merubah atau meningkatkan kesejahteraan (keluarga).
Dalam bisnis ini, saling tolong menolong dan saling membantu untuk menuju kesuksesan, tidak ada kisah saling menjegal, menjilat atasan, atau hal lain sejenis yang sangat lazim terjadi di bisnis konvensional, baik bekerja di perusahan ataupun wiraswasta. Kesempatan korupsi tidak pernah ada di bisnis ini.
Bukan berarti bisnis konvensional itu lebih buruk, bukan...
apapun bentuk usaha yang kita lakukan, selama itu tidak melanggar hukum, baik hukum agama, hati nurani....
saya pribadi bukanlah orng MLM ,ttp saya salut dengan semangat mereka.
keputusan ada pada anda....

senang bisa berbagi

Siapa mlm ini yg masih setia di JPS......?
Q. mt mlm minggu pren..

postingan sampah gak berguna gak bermanfaat

A. Hahaha,,,mt mlm minggu juga fren

MLM (multi level marketing)?
Q. pingin tau aja pendapat kawan2,, MLM (multi level marketing) tu seperti apa sih? trus prospeknya seperti apa?
terakhir setuju ga sih sama bisnis macam gini?

thx

A. MLM adalah bisnis yang cara kerjanya adalah dengan mengajak orang-orang lain untuk bergabung. Kamu akan memperoleh komisi/bonus dari setiap pembelanjaan downline yang levelnya lebih rendah dari kamu. Ada bermacam-macam tipe multilevel, kalo dilihat dari pendaftarannya ada yg gratis dan ada yg bayar.
Prospeknya bagus jg sih, karena perekrutan member akan berjalan cepat dgn sistem jaringan. Cuma ya tergantung sama produknya juga...
Aku sih setuju-setuju aja asalkan biaya pendaftarannya rendah dan ada produk yang jelas (punya manfaat).
Kalau biaya pendaftaran tinggi akan seperti money game, begitu pula jika produknya tak jelas.
Contohnya bisnis pulsa, bahkan ada yg daftarnya bayar sampai ratusan ribu, tapi ada juga yang pendaftarannya gratis.
Semua kembali tergantung pada pribadi kita, apakah kita bisa mendapatkan manfaat dengan bergabung di suatu MLM.

MLM halal atau haram?
Q. ada yang bilang klo MLM itu haram, pertanyaan q dimana letak haramnya? trus klo halal jelaskan alasannya.. thanks

A. Sebaiknya cek dl artikel ini gan sebelum memutuskan ikut MLM
http://1jamuntukkebahagiaanduniaakhirat.blogspot.com/2009/07/hukum-ikut-mlm-dbs-teanshi-ifa-cni-dll.html

http://persatuanislam.wordpress.com/2009/09/11/dbs-menurut-syariah/

Perusahaan MLM paling maju di Indonesia?
Q. perusahaan mlm apa ya yg paling diminati di indonesia?? soalnya aku mau coba bisnis yang satu ini

A. dear bro Fikri
saya salut dengan keputusan anda untuk ingin mencoba bisnis MLM
namun saran saya, sebaiknya jangan mau mencoba, tapi harus mau terjun secara all out, pastikan anda memiliki semangat yang luar biasa, karena bisnis ini tantangannya tidak ringan, namun percaya lah, dibisnis ini masih sangat besar potensi yang bisa diraih
tidak lupa pula saya mengingatkan, carilah perusahaan MLM yang sesuai dengan karakter anda, karena begitu banyak perusahaan MLM yang bisa anda pilih, dengan karakter yang berbeda-beda
dan tolong jangan dilupakan, bahwa menjalankan bisnis MLM adalah menjalankan bisnis, bukan bekerja pada perusahaan MLM
dengan berbisnis, tujuan utama kita adalah mendapat penghasilan sebesar-besarnya, sehingga menurut saya, carilah perusahaan MLM yang bisa memberikan penghasilan terbaik yang bisa kita raih, dengan cara kerja yang relatif mudah
kalau bro ingin tahu salah satu perusahaan MLM yang "menjanjikan" saat ini, bro bisa kontak saya lewat Y!A ini, saya membuka diri menerima e-mail dari siapa saja
demikian dari saya, mohon maaf bila ada yang kurang berkenan




Powered by Yahoo! Answers

No comments:

Post a Comment